PELATIHAN SISTEM INFORMASI DESA (SID) DESA CIPUTIH TAHUN 2018

SID (Sistem Informasi Desa) dan kebijakan single data

Ciputih, 27 Januari 2019 telah di lakukan sosialisasi tentang SID (Sistem Informasi Desa) dan kebijakan single data sekaligus pembentukan forum data desa tahun 2018 dan disertai dengan bintek forum desa tahun 2018 dengan narasumber dari kegiatan sosialisasi dan bintek ini oleh Bambang Setiyawan SP, Msi dan Sutrisno .

Dimana sosialisasi tersebut pertama di adakan di kecamatan salem yaitu di desa  Ciputih, pada saat sosialisasi pak Bambang menjelaskan beberapa hal, diantaranya adalah mengenai Road Map Brebes Single Data.

Pada Road Map Brebes single data ini mencakup data pertahun, salah satunya mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2020, untuk Road Map Brebes Single Data dari tahun 2017 s/d 2020 bisa di lihat pada tabel di bawah ini:

Tahun

Road map brebes single data
2017 1.      Pembuatan dasar regulasi,

2.      Alokasi Dana Desa untuk program SID

3.      Pengembangan website dan data desa

4.      Mitra RTIK

2018 1.      Implementasi di desa

2.      Pelatihan mandiri

3.      Forum data desa

2019 1.      Pendataan

2.      Peta desa digital

3.      Forum data kabupaten

2020 BSD (Basic Single Data)

 

Pada saat sosialisasi SID dan kebijakan single data juga di lakukan pembentukan forum data desa yang beranggotakan dari unsur-unsur kelembagaan dan Perangkat Desa,  serta unsur lainnya dan masyarakat dalam mengumpulkan, konsolidasi, mengenai permasalahan data, serta sepakat guna pemanfaatan data dalam menentukan kebijakan pembangunan.

dan setelah duhur dilanjutkan dengan bintek forum data desa dengan narasumber Sutrisno. Beliau hanya memaparkan cara atau langkah-langkah pengisian kuesioner yang ada di dalam instrumen keluarga pada sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat. Dimana data kuesioner atau yang sering dikenal dengan angket ini selanjutnya di serahkan kepada operatr SID untuk diinput dalam aplikasi data desa dengan tujuan untuk mengakuratkan data masyarakat sesuai dengan fakta di lingkungan yang ada sehingga ketika ada dana atau bantuan dari pemerintah itu menjadi tepat sasaran pada orang yang memang benar-benar membutuhkan. Dan pada saat acara sosialisasi, pembentukan Forum Data Desa dan bintek Forum Data Desa itu berjalan dengan kondusif.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*